Selasa, 07 Oktober 2014

Tugas 1 (Etika Profesi Akuntansi)


Nama        :  Syarafina Ghassani
NPM         :  26211986
Kelas         :  4EB24

Hari ke-1
          Hari ini saya pergi bersama teman-teman saya,saat diperjalanan saya tidak sengaja melihat beberapa remaja yang mengendarai motor dengan kecepatan yang cukup tinggi,serta tidak memakai helm. Menurut saya hal tersebut termasuk melanggar etika berkendara,karena jika mengendarai motor tetapi tidak memperdulikan keselamatan maka dapat merugikan serta membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Hari ke-2
          Hari ini saya melihat beberapa pengendara sepeda motor justru melewati trotoar yang seharusnya digunakan oleh para pejalan kaki. Menurut saya hal tersebut juga melanggar etika berkendara,karena merugikan dan mengganggu para pejalan kaki. Apabila tidak ada kesadaran diri dari masing-masing pengendara motor tersebut,bisa saja mereka menyerempet pejalan kaki yang sedang berjalan di trotoar.

Hari ke-3
          Pada saat saya sedang naik angkutan umum tiba-tiba saja ada seorang anak punk yang naik dan mengamen di dalam angkutan umum yang saya naiki. Awalnya semua baik-baik saja,tetapi setelah anak punk tersebut selesai mengamen dan tidak ada yang memberikannya uang recehan pengamen tersebut memaksa saya dan teman saya dengan cara sengaja menginjak kaki saya dan menyenggol kaki teman saya yang kebetulan duduk paling dekat dengan pengamen tersebut. Menurut saya itu sudah melanggar etika kesopanan,karena pengamen tersebut telah membuat saya dan teman saya sebagai penumpang dalam angkutan umum itu tidak nyaman dan takut atas tindakannya.

Hari ke-4
          Saat saya sedang dirumah tepatnya pukul 19.00 tiba-tiba saja saya mendengar tetangga saya menyalakan musik dengan volume yang sangat keras hingga terdengar sangat bising dan mengganggu. Menurut saya hal itu melanggar etika bertetangga,karena tidak seharusnya menyalakan musik dengan keras pada malam hari serta dengan jangka waktu yang cukup lama hingga pukul 21.00.

Hari ke-5
          Hari ini saya menemani ibu saya ke bank untuk menabung sejumlah uang,saat ibu saya sedang mengambil nomor urut tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yang mendahului didepan loket tanpa mengambil nomor urut sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Menurut saya hal tersebut melanggar etika mengantri,karena hanya memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa bisa mengahargai orang lain yang telah lebih dahulu mengambil nomor urut.

Hari ke-6
          Saat saya sedang membuka social media saya tidak sengaja membaca tulisan salah satu akun seseorang disebuah forum yang menjelek-jelekan kelompok lain. Menurut saya hal itu termasuk melanggar etika berinternet atau etika di dunia maya yang dapat merugikan orang tersebut karena telah melakukan pencemaran nama baik kepada pihak-pihak lain yang mungkin saja merasa tersinggung atas tulisan yang tidak seharusnya dipublikasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar